anto325
4 min readAug 28, 2022

--

Surat untuk komunitas Souffl3
Salam untuk semua Manis

Tidak diragukan lagi itu adalah kekacauan dalam 24 jam terakhir. Kami ingin mengambil kesempatan ini untuk berbagi dengan Anda apa yang telah terjadi dan apa yang sedang kami kerjakan untuk mengembalikan semuanya ke jalurnya. Kami juga ingin meminta maaf kepada semua pengguna kami yang terkena dampak kecelakaan ini atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

Sejak Souffl3 diluncurkan di Aptos devnet pada 8 Agustus, kami disambut dengan antusiasme yang meningkat di ekosistem Aptos dan dukungan kuat dari komunitas, serta dukungan dari banyak mitra ekosistem kami. Untuk berterima kasih kepada komunitas kami atas dukungan mereka dan untuk menguji berbagai fitur perdagangan NFT dan mengeksplorasi potensi bahasa MOVE, kami meluncurkan dua fase kampanye devnet mulai 13 Agustus. Kami merancang kampanye dengan tujuan mengundang komunitas kami untuk berpartisipasi dalam pengembangan ekosistem sedini mungkin, dan tentu saja, kami ingin memberi penghargaan kepada peserta awal kami atas kontribusi mereka ketika mainnet diluncurkan.

Kampanye dimulai dengan lancar. Yaitu, sampai kami menyadari masalah yang sedang berkembang: kami salah berasumsi bahwa hak asuh otonom pengguna kami atas kunci pribadi mereka berarti bahwa mereka memiliki kepemilikan alamat dompet yang tidak dapat dicabut. Asumsi ini memungkinkan kami untuk menetapkan alamat dompet pengguna sebagai kredensial utama untuk kontribusi mereka ke kampanye kami untuk dikaitkan dengan akun aplikasi Web 2 pengguna seperti Twitter, Telegram, dan Discord. Kami secara alami membuat asumsi ini karena kami percaya itu sejalan dengan etos Web 3, yaitu “Bukan kunci Anda, bukan koin Anda”.

Kemudian kekacauan melanda kami selama 24 jam terakhir. Orang pertama yang memberi tahu kami tentang masalah ini adalah Souffl3’s Discord Community MOD (terima kasih kami yang tulus kepada mereka atas ketekunan mereka). Dengan demikian, kami dapat dengan cepat mengumpulkan anggota tim kami di zona waktu yang berbeda untuk segera bereaksi dan mengidentifikasi akar masalahnya. Kampanye devnet kami kemudian secara de facto lumpuh total karena alamat dompet pengguna yang ada dan terikat tidak lagi dapat diakses. Umpan balik terus membanjiri komunitas untuk membantu kami menunjukkan masalah inti di antara semua: pengguna kami tidak dapat mengambil dompet mereka bahkan jika mereka memiliki frasa mnemonik. Karena dompet berisi semua aset pengguna, ini menjadi perhatian yang berkembang di dalam dan di luar komunitas kami.

Setelah menemukan ini, kami segera mendiskusikan secara internal tentang cara membantu pengguna mencegah kehilangan aset dan membantu mereka mempertahankan apa yang telah mereka bangun selama tiga minggu terakhir. Setelah beberapa putaran diskusi, kami membuat rencana langsung yang kami yakini paling bertanggung jawab atas pengguna kami berdasarkan informasi terbatas yang kami miliki. Tim memutuskan untuk mengembangkan proses migrasi yang memungkinkan pengguna kami untuk menggunakan akun Discord mereka, tempat alamat dompet asli mereka terikat, untuk mengikat alamat dompet baru mereka dan memungkinkan migrasi data yang dimiliki pengguna kami. Tim pengembang mampu menghasilkan solusi dalam dua jam, dan kami segera bekerja dengan MOD kami untuk menyinkronkan berita dengan komunitas sehingga pengguna kami dapat mengambil tindakan secepat mungkin.

Setelah menyelesaikan masalah migrasi yang disebutkan di atas, teknisi front-end kami memperhatikan bahwa perubahan yang tidak kompatibel dibuat pada API di SDK dompet yang relevan, memaksa kami untuk melakukan sejumlah besar perubahan sehingga penggunaan normal dapat dipulihkan untuk pengguna kami. Meskipun memakan waktu. akhirnya, tim dapat menyimpan lebih dari 100.000 alamat dompet dan lebih dari 1 juta catatan mint NFT yang dihasilkan komunitas kami dalam beberapa minggu terakhir dengan upaya keras tim dan bantuan dari mitra kami. Pada akhirnya, dengan pekerjaan yang mendesak dan gelisah, tim membuat kampanye devnet kami kembali normal pada pukul 05:00 (PDT) pada hari Sabtu.

Sepanjang seluruh proses, kesalahan dibuat, dan pelajaran dipelajari. Akibatnya, tim telah memutuskan untuk melakukan perbaikan berikut dalam waktu dekat:

Perluas Dukungan untuk lebih banyak Aptos Eco Wallet dan tingkatkan kolaborasi kami dengan yang sudah ada. Batch pertama dari dukungan dompet baru akan tersedia sebelum devnet reset berikutnya di Aptos. Selain itu, kami juga sedang dalam pembicaraan yang erat dengan kemitraan dompet yang ada untuk menawarkan lebih banyak nilai layanan kepada pengguna kami di masa depan
Tim teknik akan bergiliran untuk memantau sistem Souffl3, sehingga kami dapat melacak dan menemukan masalah pada pandangan pertama dan memberikan solusi tepat waktu kepada pengguna kami
Sekali lagi, kami berterima kasih atas semua dukungan dan umpan balik yang membanjiri saat kami menghadapi kecelakaan ini, dan itu benar-benar menunjukkan keunggulan komunitas Souffl3 dan ekosistem Aptos. Tujuan kami dengan Souffl3 selalu menciptakan pasar NFT yang menawarkan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna serta sistem perdagangan yang lebih komprehensif dan lebih cerdas. Kami akan terus berusaha untuk mencapai tujuan ini. Selain itu, budaya tim kami juga menetapkan aset dan nilai pengguna sebagai prioritas utama kami — baik itu aset tersebut adalah token, NFT, atau waktu dan upaya Anda yang diinvestasikan. Kami sepenuhnya menyadari bahwa kami harus memenuhi kepercayaan komunitas kami agar proyek kami berhasil dan agar aspirasi kami di web 3 dapat terwujud.

Last but not least, untuk menunjukkan penghargaan kami atas semua bantuan dan dukungan yang diterima, tim Souffl3 akan mengirimkan 1.500 poin ke semua pengguna yang telah berhasil mengikat ulang alamat dompet baru mereka; kami juga akan mengirimkan Peran Discord khusus ke semua pengguna Discord yang aktif pada saat kecelakaan yang mengganggu. Detail untuk hadiah dan airdrop akan segera menyusul.

Sekali lagi, seluruh tim Souffl3 ingin mengucapkan terima kasih yang tulus kepada komunitas kami dan semua mitra yang telah menawarkan bantuannya. Beberapa jam terakhir telah menjadi demonstrasi altruisme, ikatan, dan saling mendukung antara komunitas Souffl3 dan Aptos. Konstruksi dan evolusi ekosistem Aptos baru saja dimulai. Mari terus MOVE lebih cepat dan BUIDL lebih banyak.

Tim SOUFFL3

--

--